MAKALAH
PENGANTAR
SISTEM KOMPUTER
BAHASA
KOMPUTER
Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah Pengantar Sistem
Komputer
Dosen Pembimbing: Sugeng
Wahyudiono, M.Kom
Disusun oleh:
Achmad Subhi
Mashudi (1511024)
TEKNIK TEKNOLOGI
INFORMATIKA
STIMIK BINA
PATIRA
2016
KATA
PENGANTAR
Segala puji bagi Tuhan Yang Maha Esa yang
telah memberikan kemudahan kepada hambaNya dalam meyelesaikan makalah ini
dengan penuh seksama. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup
dengan baik.
Makalah ini merupakan tugas pendahuluan
yang merupakan syarat agar kami para mahasiswa/i dapat melaksakan praktikum
Teknologi Informasi yang diselenggarakan oleh Laboratorium Decicion Support
System, Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Pada
makalah ini akan dibahas apa itu bahasa pemrograman yang akan dipakai oleh
calon praktikan agar lebih memahami materi yang akan diajarkan kemudian.
Penyusun juga mengucapkan terima kasih
kepada pihak-pihak yang telah membantu kami dalam menyelesaikan tugas makalah
ini.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada
pembaca. Walaupun maklah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon
untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.
Magelang, 4 Pebruari 2016
Penulis
Achmad Subhi Mashudi
1511024
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
B. IDENTIFIKASI
MASALAH
C. PEMBATASAN
MASALAH
D. PERUMUSAN
MASALAH
BAB II PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN
DAN FUNGSI BAHASA PEMROGRAMAN
B. BAHASA
PEMROGRAMAN PADA VISUAL BASIC
C. MANFAAT
BAHASA PEMROGRAMAN
BAB III PENUTUP
A. SIMPULAN
B. SARAN
DAFTAR PUSTAKA
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Pada era
globalisasi saat ini teknologi akan informasi semakin cepat berkembang pesat
dan memudahkan manusia dalam menjalankan aktifitasnya. Namun, itu semua
menuntut manusia agar membuat inovasi-inovasi yang semakin maju dan memerlukan
keahlian yang tinggi. Tak lepas dari itu semua setelah komputer ditemukan dan
menjadi suatu kebutuhan bagi setiap individu di dunia ini, perlu adanya sistem
komunikasi yang menjembatani antara pembuat prigram (programmer) dengan
komputer itu sendiri.
Seperti yang
telah dijelaskan di atas bahwa semakin manusia ingin mempermudah dirinya dalam
menjalankan aktifitas dan memenuhi kebutuhannya maka ilmu yang dipelajari juga
akan semakin menuntutnya menemukan sesuatu yang memerlukan ilmu pengetahan yang
tinggi. Salah satunya komputer adalah sebuah mesin yang akan menjalan perintah
penggunanya. Namun, apabila instruksi yang kita perintahkan tidak
tepat,komputer pun enggan untuk melaksakan perintah penggunanya. Harus ada
bahasa penghubung yang pas antara komputer dengan para penggunanya dan pembuat
program agar komputer tersebut bisa lebih efektif dalam menjalankan fungsi dan
perannya.
Bahasa yang
menjembatani anatara keduanya itulah bahasa pemrograman yang tidak lain adalah
teknik komando atau instruksi standar untuk memerintah komputer.
B.
Identifikasi
Masalah
Sesuai dengan
judul makalah ini “Bahasa Pemrograman”, maka kami mengidentifikasi beberapa
masalah sebagai berikut :
1.
Bagaimana peran bahasa pemrograman dalam
teknologi informasi
2.
Bagaimana cara memahami bahasa pemrograman dengan
baik, agar dapat diaplikasikan oleh para mahasiswa/i.
C.
Pembatasan
Masalah
Untuk
memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka masalah yang dibahas dibatasi pada
masalah :
a.
Peran bahasa pemrograman dalam teknologi
informasi
b.
Perkembangan bahasa pemrograman dari masa ke masa
c.
Bahasa pemrograman dalam menunjang kegiatan
mahasiswa
D.
Perumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang dan pembatasan masalah tersebut, masalah-masalah yang dibahas
dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.
Apa itu bahasa pemrograman?
2.
Apa manfaat bahasa pemrograman untuk mahasiswa/i?
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian dan
Fungsi Bahasa Pemrograman
Bahasa
pemrograman atau sering diistilahkan sebagai bahasa komputer, adalah
teknik komando atau instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa
pemrograman merupakan himpunan atau kumpulan dari aturan sintaks dan semantik
yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer.
Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:
Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:
- Bahasa Mesin, yaitu
memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner,
contohnya 01100101100110. Bahasa Tingkat Rendah,
atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bahasa Inggris Assembly),
yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat
(kode mnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
- Bahasa Tingkat Menengah,
yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata
bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi
yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&,
||, dsb.
- Bahasa Tingkat Tinggi,
yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata
bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.
Sebagian besar
bahasa pemrograman digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Tinggi, hanya bahasa C
yang digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Menengah dan Assembly yang merupakan
Bahasa Tingkat Rendah.
Berikut ini adalah beberapa macam bahasa
pemrogaman :
1.
Bahasa
pemrograman HTML
Hyper Text
Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat
sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser
Internet. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan
dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML berupa
kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai
dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka
dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet
Explorer.
2.
Bahasa
Pemrograman PHP
PHP adalah
bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP pertama kali
dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI
(Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk
mengolah data form dari web. PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang
dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain.
PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan
dengan hosting windows).
3.
Bahasa
Pemrograman ASP
ASP adalah
singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman
web untuk menciptakan halaman web yang dinamis. ASP merupakan salah satu produk
teknologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP bekerja pada web server dan
merupakan server side scripting.
4.
Bahasa
Pemrograman XML
Extensible
Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C
untuk mendeskripsikan berbagai macam data. XML menggunakan markup tags seperti
halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja.
XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.
5.
Bahasa
Pemrograman WML
WML adalah
kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang
digunakan dalam aplikasi berbasis XML (eXtensible Markup Langauge). WML ini
adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless. WML merupakan
analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.
6.
Bahasa
Pemrograman PERL
Perl adalah
bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD,
HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS,
VMS, EBCDIC, dan PocketPC. PERL merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa
pemograman C.
7.
Bahasa
Pemrograman CFM
Cfm dibuat
menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion / BlueDragon /
Coldfusion Studio. Syntax coldfusion berbasis html.
8.
Bahasa
Pemrograman Javascript
Javascript
adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client.JavaScript
merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape. Untuk
menjalankan script yang ditulis dengan Java Script kita
membutuhkan Java Script-enabled browser yaitu browser yang mampu
menjalankan JavaScript.
9.
Bahasa
Pemrograman CSS
Cascading Style
Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur
tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan yang paling
umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan
XHTML.
10.
Bahasa
Pemrograman Clipper
Clipper
adalah bahasa pemrograman komputer keluarga XBase yang digunakan
untuk membuat program komputer utamanya yang berjalan pada sistem operasi
DOS. Secara lebihspesifik, clipper umumnya digunakan untuk
membuat program-program yang terkait dengan data base/bisnis
(contoh. akuntansi, manajemen simpan/pinjam, dan lain-lain).
11.
Bahasa
Pemrograman FoxPro
Visual FoxPro
adalah bahasa pemrograman berorientasi objek dan prosedural dari
Microsoft.Awalnya bahasa pemrograman ini dikenal dengan nama FoxBASE yang
diluncurkan olehFox Software pada awal 1984. Fox Technologies kemudian
bergabung dengan Microsoft pada 1992 sehingga di depan nama FoxBASE ditambahkan
awalan ―Visual‖.
Versi terakhir
FoxPro (2.6) dapat berjalan pada sistem operasi Mac OS, DOS, Windows,
dan Unix. Visual FoxPro 3.0, versi ―Visual‖ pertama,
akhirnya tersingkir karena hanya mendukung Mac dan Windows, dan
versi berikutnya hanya mendukung Windows saja. Versiterkini Visual FoxPro
adalah berdasarkan teknologi COM dan Microsoft telah menyatakanbahawa mereka
tidak berniat untuk mencipta versi Microsoft .NET.
12.
Bahasa
Pemrograman Visual FoxPro
Visual FoxPro
adalah bahasa pemrograman berorientasi objek dan prosedural dari
Microsoft.Awalnya bahasa pemrograman ini dikenal dengan nama FoxBASE yang
diluncurkan olehFox Software pada awal 1984. Fox Technologies kemudian
bergabung dengan Microsoft pada 1992 sehingga di depan nama FoxBASE
ditambahkan awalan ―Visual‖.
Versi terakhir
FoxPro (2.6) dapat berjalan pada sistem operasi Mac OS, DOS, Windows,
danUnix. Visual FoxPro 3.0, versi ―Visual‖ pertama, akhirnya tersingkir
karena hanya mendukung Mac dan Windows, dan versi berikutnya hanya
mendukung Windows saja. Versiterkini Visual FoxPro adalah berdasarkan teknologi
COM dan Microsoft telah menyatakanbahawa mereka tidak berniat untuk mencipta
versi Microsoft .NET.
13.
Bahasa pemograman
FORTRAN
Fortran (atau
FORTRAN) adalah sebuah bahasa pemrograman. Pertama kali dikembangkanpada
tahun 1950 dan digunakan dalam bidang sains selama 50 tahun kemudian. Pertama
kali bernama FORTRAN yang merupakan singkatan dari.
Formula Translator/Translation,
tetapipenggunaan huruf besar kemudian ditiadakan sejak versi Fortran 90.
Pertama kalidikembangkan merupakan bahasa pemrograman prosedural, akan tetapi
versi-versi terbarudari Fortran kemudian dikembangkan dengan memasukkan
kemampuan object-oriented programming.
Pengelompokan bahasa pemrograman adalah
sebagai berikut :
1.
Bahasa
Pemrograman Generasi I
Bahasa
pemrograman generasi pertama berorientasi pada mesin. Program disusun dengan
menggunakan bahasa mesin. Tentu saja program generasi ini sangat sulit untuk
dipahami oleh orang awam dan sangat membosankan bagi pemrogram. Pemrogram harus
benar-benar menguasai operasi komputer secara teknis. Namun bahasa generasi ini
memberikan eksekusi program yang sangat cepat. Selain itu, bahasa mesin sangat
bergantung pada mesin (machine dependent), artinya, bahasa mesin antara satu
mesin dengan mesin lainnya akan berbeda.
2.
Bahasa
Pemrograman Generasi II
Bahasa
pemrograman generasi kedua menggunakan bahasa rakitan (assembly). Sebagai
pengganti kode-kode biner, digunakanlah kependekan dari kata-kata. Misalkan
“MOV” untuk menyatakan “MOVE” dan JNZ yang berarti “jump non-zero”.
Setiap instruksi
dalam bahasa rakitan sebenarnya identik dengan satu instruksi dalam bahasa
mesin. Bahasa ini sedikit lebih mudah dipahami daripada bahasa mesin. Bahasa
ini sedikit lebih mudah dipahami daripada bahasa mesin mengingat perintah dalam
bentuk kata-kata yang dipendekkan lebih mudah daripada mengingat deretan angka
biner.
Berikut adalah
contoh instruksi yang ditulis dalam bahasa rakitan akan menjadi seperti
berikut:
Tampak bahwa
penggunaan notasi seperti MOV AH, 02 jauh lebih mudah diingat atau dipahami
daripada penulisan instruksi dalam bahasa mesin: B402 atau 1011 0100 0000 0010.
3.
Bahasa
Pemrograman Generasi III
Bahasa
pemrograman generasi ketiga menggunakan pendekatan prosedural. Sebagai bahasa
prosedural, pemrogram perlu menuliskan instruksi-instruksi yang rinci agar
komputer melaksanakan tugasnya. Program ditulis dengan menggunakan kata-kata
yang biasa dipakai manusia, seperti WRITE untuk menampilkan sesuatu di layar
dan READ untuk membaca data dari keyboard.
Bahasa generasi
ketiga seringkali disebut sebagai high level language disebabkan bahasa ini
menggunakan kata-kata yang biasa digunakan manusia. Beberapa contoh bahasa
pemrograman yang masuk dalam kategori generasi ketiga yaitu ADA, ALGOL, C,
BASIC, COBOL, FORTRAN, dan PASCAL.
4.
Bahasa
Pemrograman Generasi IV
Bahasa
pemrograman generasi keempat dirancang untuk mengurangi waktu pemrograman dalam
membuat program sehingga diharapkan produktifitas pemrogram jadi meningkat dan
program dapat dibuat dalam waktu yang lebih singkat. Alhasil, bahasa
pemrograman generasi keempat yang dikenal dengan sebutan 4GL dapat dipakai oleh
pemakai yang kurang mengetahui hal-hal teknis tentang pemrograman tanpa bantuan
pemrogram profesional. Sebagai contoh pemrogram dapat membuat program dengan
Microsoft Access di lingkungan PC dengan mudah.Bahasa pemrograman generasi
keempat biasa disebut sebagai high level language atau bahasa berorientasi pada
masalah (problem oriented language) karena memungkinkan pemakai menyelesaikan
masalah dengan sedikit penulisan kode dibandingkan pada bahasa prosedural.
Bahasa pemrograman generasi keempat menggunakan pendekatan non-prosedural.
Untuk mendapatkan suatu hasil, seorang pemakai tidak perlu memberitahukan
secara detail tentang bagaimana mendapatkannya. Gambar di bawah ini memberikan
contoh yang menunjukkan perbedaan bahasa prosedural dan non-prosedural dalam
memperoleh data tentang seorang mahasiswa.
5.
Bahasa
Pemrograman Generasi V
Bahasa
pemrograman generasi kelima merupakan kelompok bahasa-bahasa pemrograman yang
ditujukan untuk menangani kecerdasan buatan (artificial intelligence).
Kecerdasan buatan adalah disiplin dalam ilmu komputer yang mempelajari cara
komputer meniru kecerdasan manusia. Berbagai aplikasi kecerdasan manusia adalah
sebagai berikut:
* Pemrosesan
bahasa alami (natural language processing), yakni mengatur komputer agar bisa
berkomunikasi dengan manusia melalui bahasa manusia (Indonesia, Inggris,
Spanyol, Prancis, dan sebagainya).
* Pengedalian
robotika dan sensor mata.
* Aplikasi
sistem pakar (expert system) yang meniru seorang pakar di bidang tertentu
sehingga bisa menghasilkan nasehat atau pemikiran yang setara dengan seorang
pakar.
B.
Bahasa Pemrograman Pada Visual Basic
Bahasa
pemrograman Visual Basic, dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1991,
merupakan pengembangan dari pendahulunya yaitu bahasa pemrograman BASIC
(Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code) yang dikembangkan pada era
1950-an. Visual Basic merupakan salah satu Development Tool adalah alat bantu
dalam membangun dan mengembangkan program aplikasi komputer dengan desain form
secara visual dan adanya kemampuan untuk menggunakan komponen-komponen ActiveX
yang dibuat yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic ataupun pihak lain.
Visual Basic
yang pertama adalah Visal Basic 1.0 yang dikenalkan pada tahun 1991, pendekatan
yg dilakukan untuk menghubungkan bahasa pemrograman dengan GUI berasal dari
prototype yg dikembang oleh “Alan Cooper” yg di sebut TRIPOD. Kemudian Microsoft
mengontrak copper dan asosiasinya utk mengembangkan tripod agar dapat digunakan
di windows 3.0 dibawah nama kode Ruby.
Perjalanan
Bahasa Pemrograman Visual Basic dari awal hingga sekarang ini, sebagai berikut:
- Visual Basic 1.0 (May
1991) di rilis untuk windows pada Comdex/Windows Wordltrade yg
dipertunjukan di Atlanta , Georgia.
- Visual Basic 1.0 untuk
DOS dirilis pada bulan September 1992. Bahasa ini tidak kompatibel
dengan Visual Basic For Windows. VB 1.0 for DOS ini pada kenyataaanya
merupakan versi kelanjutan dari compiler BASIC, QuickBasic dan BASIC
Professional Development System.
- Visual Basic 2.0
dirilis pada November 1992, Cakupan pemrogramannya cukup mudah untuk
digunakan dan kecepatannya juga telah di modifikasi. Khususnya pada Form
yg menjadikan object dapat dibuat secara seketika, serta konsep dasar dari
Class modul yg berikutnya di implementasikan pada VB 4.
- Visual Basic 3.0 ,
dirilis pada musim panas 1993 dan dibagi menjadi versi standard dan
professional. VB 3 memasukan Versi 1.1 dari Microsoft Jet Database Engine
yg dapat membaca serta menulis database Jet (atau Access) 1.x.
- Visual Basic 4.0
(Agustus 1995) merupakan versi pertama yg dapat membuat windows program 32
bit sebaik versi 16 bit nya. VB 4 juga memperkenalkan kemampuan untuk menulis
non-GUI class pada Visual Basic.
- Visual Basic 5.0
(February 1997), Microsoft merilis secara eksklusif Visual basic
untuk versi windows 32 bit . Programmer yg menulis programnya pada
versi 16 bit dapat dengan mudah melakukan import porgramnya dari VB4 ke
VB5. dan juga sebaliknya, program VB5 dapat diimport menjadi VB4. VB
5 memperkenalakan kemampuan untuk membuat User Control.
- Visual Basic 6.0
(pertengahan 1999 memperbaiki beberapa cakupan, temasuk kemapuannya untuk
membuat Aplikasi Web-based . Visual Basic 6 di jadwalkan akan memasuki
Microsoft “fasa non Supported” dimulai pada maret 2008.
- Visual Basic .NET (VB
7), dirilis pada tahun 2002, Beberapa yang mencoba pada versi pertama .NET
ini mengemukakan bahwa bahasa ini sangat powerful tapi bahasa yg digunakan
sangat berbeda dengan bahasa sebelumnya, dengan kekurangan
diberbagai area, termasuk runtime-nya yang 10 kali lebih besar dari paket
runtime VB6 serta peningkatan penggunan memory.
- Visual Basic .NET 2003
(VB 7.1) , dirilis dengan menggunakan NET framework versi 1.1.
- Visual Basic 2005 (VB
8.0) , merupakan iterasi selanjutnya dari Visual Basic .NET. dan Microsoft
memutuskan untuk menghilangkan kata kata .NET pada judulnya. Pada Rilis
ini , Microsoft memasukan bebrapa fitur baru, diantaranya : a) Edit and
Continue , mungkin inilah kekurangan fitur terbesar dari VB .NET .
pada VB 2005 ini kita diperbolehkan melakukan perubahan kode pada saat
program sedang dijalankan. b) Perbaikan pada Konversi dari VB ke VB
NET12Visual Basic .NET 2003 (VB 7.1) , dirilis dengan menggunakan NET
framework versi 1.1.
- IsNot Patent, merupakan
salah satu fitur dari Visual Basic 2005 merupakan konversi If Not X Is
Y menjadi If X IsNot Y.
- Visual Basic 2005
Express , merupkan bagian dari Product Visual Studio. Microsoft membuat
Visual Studio 2005 Express edition untuk pemula dan yg gemar dengan VB,
salah satu produknya adalah Visual Basic 2005 Express yg merupakan produk
gratis dari Microsoft.
- Visual Basic “Orcas”
(VB 9.0) , dirilis pada tahun 2007 dan dibangung diatas .NET 3.5. Pada
rilis ini , Microsoft menambahkan beberapa fitur , diantaranya : a) True
Tenary operator , yaitu fungsi If(boolean,value, value) yg digunakan
untuk menggantikan fungsi IIF; b) LINQ Support; c) Ekspresi Lambda; d) XML
Literals; e) Nullable types; f) Type Inferenc.
- Visual Basic ‘VBx’ (VB
10.0) , Visual Basic 10, yang juga dkenal dengan nama VBx, akan
menawarkan dukungan untuk Dynamic Language Runtime. VB 10 direncanakan
akan menjadi bagian dari SilverLight 1.1.
C.
Manfaat Bahasa Pemrogaman
Pengertian pemrograman secara
umum adalah seni dan estetika dalam menulis kode program dalam bahasa
pemrograman tertentu untuk menerjemahkan Ide/pikiran yang berisi flow chart
(alur logika) kedalam bentuk program, software, atau perangkat lunak, yang
memiliki tujuan utama untuk memecahakan masalah tertentu secara logis,
kronologis, dan sistematis. Untuk bisa mendapatkan manfaat secara
universal dalam mempelajari pemrograman, pengertian dan struktur
pemrograman itu sendiri harus bisa dipahami secara luas dan universal.
Bagi sebagian orang pemrograman akan sangat sulit, terutama yang bukan berasal
dari jenjang pendidikan keteknikan, kecuali jika anda benar-benar tekun dan
berusaha mempelajari dan mengaplikasikannya secara luas.
Syntax Tulisan
Kode Program sebenarnya sama seperti tulisan kita sehari - hari,
Perbedaannya tulisan dengan bahasa kita sehari-hari lebih bersifat deskriptif,
sedangkan tulisan kode program bersifat konseptual yang berisi baris penjelasan
pendek namum mengandung alur logika yang lebih kompleks/tinggi tidak seperti
deskripsi biasa.
Berikut ini
Analogi*Pemrograman sederhana yang menggambarkan bagaimana sistematika
konsep pemrograman, sederhananya seperti ini :
Konseptual sederhana Pemrograman
|
Deskripsi text sehari hari
|
Contoh simple : x = n < 1000000
|
0 ... 999999 (ditulis berurutan)
|
Logika (Logic) diatas mendeskripsikan bahwa X hanya berisi angka
0 ... 999999, Tanpa harus menuliskan semua angka dari 0 ... 999999.
Inilah gambaran sangat sederhana konsep sistematika logic
pemrograman. Jadi semakin tinggi logic pemrograman maka deskripsinya akan
memiliki cakupan fungsi deskripsi yang lebih luas dan dinamis serta sistemik.
|
Sebuah deskripsi akan menjelaskan sebuah object secara
deskriptif, Berhubungan dengan hal tersebut diatas, maka range angkanya pun
akan dituliskan keseluruhan untuk menjelaskan variabel X 0 ... 999999, dan
jika dituliskan semuanya akan sangat panjang.
Dalam gerbang (gate logic) akan berbeda mekanisme penyampaian
dan aljabarnya.
|
Dari tabel
sederhana diatas, bisa terlihat jelas filosophy sederhana
logic*descryptions*pemrograman dan bagaimana membedakan logika cakupan keduanya
namun untuk bekerja terkait secara simultan.
Manfaat
mempelajari pemrograman secara umum universal
· Terletak pada
pemahaman logikanya, konseptualnya, sistematikanya dan pemahaman gerbang
logikanya. Yang keseluruhan konsep struktur logikanya (Logic Gate) bisa
diaplikasikan untuk memahami bidang lainnya lebih luas secara deskriptif.
· Manfaat
mempelajari pemrograman untuk aktivitas dan pekerjaan sehari hari secara umum
dalam berbagai bidang terletak pada konsep logikanya yang sistematis dalam
memcahkan object problematika tertentu sesuai dengan flow chart (alur logika).
Tingkat
kesulitan pemrograman ditentukan oleh :
· Kapasitas
masalah (Alur Logika) yang dipecahkan secara sistematis dalam mencapai solusi
tertentu secara deskriptif dan aplikatif. Semakin kompleks sebuah
flow*chart*dan*alur*logika (Logic Gate) maka gerbang logikanyapun akan semakin
banyak dan semakin kompleks sistematikanya.
· Jadi jika
dipahami makna pemrograman secara luas, pemrograman sebenarnya berlaku untuk
siapa saja, dan siapapun anda dan dari background apapun pendidikan dan
pekerjaan anda, yakin pasti bisa. Hanya jika anda betul-betul mengusahakan
mempelajari dan memahami konstruksi logikanya, yang bisa diaplikasikan lebih
konseptual dalam flow chart (alur logika) untuk memahami bidang lainnya yang
sifatnya tidak hanya aritmetis.
BAB
III
PENUTUP
A.
Simpulan
Berdasarkan
uraian bahasan “Bahasa Pemrograman” dapat disimpulkan bahwa :
- Bahasa pemrograman
merupakan bahasa penghubung antara pembuat program (programmer) dengan
komputer. Apabila ada kesalahan salah satu prosedur aja, komputer tidak
akan merespon perintah dari progammer itu sendiri.
- Bahasa pemrograman
mengalami perkembangan di setiap zaman menjadi lebih canggih dan efektif
dalam membantu kehidupan manusia.
- Dengan memahami bahasa
pemrograman mahasiswa dapat membuat suatu program inovatif yang dapat
membantu dalam proses produksi
B.
Saran
Bertolak dari
peranan bahasa pemrograman yang memiliki banyak manfaatnya, penyusun memberikan
saran kepada mahasiswa agar melakukan hal-hal sebagai berikut :
- Dibutuhkan keseriusan
untuk memahami bahasa pemrograman, oleh karena itu belajarlah untuk lebih
fokus dalam memahami dan mempelajarinya.
- Dianjurkan untuk setiap mahasiswa agar mencari referensi lain untuk memahami bahasa pemrograman itu sendiri, dengan demikian wawsan kita akan bahasa pemrograman pun semakin luas.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar